PENGOPERASIAN RADAR
05.57
1.
IMO Model Course
1.1
Competence Tasks
Function & Level
|
NIVIGATION OPERASIONAL
|
|
Unit Of Competence
|
PENGOPERASIAN RADAR
|
|
Competence Tasks :
|
||
1.
|
Menghidupkan RADAR
|
|
2.
|
Mengunakan Tombol – tombol Radar
|
|
3.
|
Monitoring Skring
|
|
4.
|
Ring control
|
|
5.
|
Menentukan Posisi dengan menggunakan
RADAR
|
|
6.
|
Mematikan RADAR
|
|
Perfomance
Objectives
Function & Level
|
Navigation at the
|
Unit Of Competence
|
Operational Level
|
Competence Tasks :
|
Menentukan posisi dengan menggunakan
Radar
|
Under Pinning Knowledge
|
Manual Book Transas Navisailor 5000,
Reg. II/1 dan SCTW Code SectionA.II/1.2
|
Perfomance Condition
& Context
|
Pada saat kapal
berlayar di laut jawa
|
Performance criteria
|
-
Menghidupkan
radar (tombol)
·
Tombol standbay switch on
·
Durasi 3-20 detik/lampu hijau
·
On play
·
Tunning (maksimumkan sampai jarum tidak bergerak)
·
Gain (maksimumkan pengiriman dan penerimaannya secara
normal)
·
Rain (maksimumkan agar bintik pada screen radar tidak
tampak yg dapat mngurangi tampilan jelas)
·
Seaclutier (maksimumkan
·
Range up (untuk menaikkan jarak pada screen radar dari
range up 6-12-24 dan range down 6-3-1-0-0.75-0.50-0.25)
·
EBL (dengan memencet tombol ebl 1 dan 2 ON dapat
dingerakan kekiri atau kekanan sesuai peruntukannya yg dapat menunjukan arah
baringan dan digunakan untuk menentukan posisi dengan baringan silang dan
baringan jarak, hasil baringan silang dan baringan jarak dapat di plot di
peta)
·
Paralel index (adalah EBL di geser dari center untuk
membuat garis batas dari lokasi yg berbahaya dan di batasi, ebl tersebut
mengikuti w-poin 1 dan w-poin 2 yg membatasi lokasi yg berbahaya.
·
Maplain (dengan menekan mouse dari w-poin 1 dan w-poin
2 dan seterusnya untuk menghubungkan akan terbentuk garis yg akan dilayarkan
kapal)
·
Goat ( dengan range pada layar yg diinginkan yg membatasi
luas perairan yg di layari agar kapal jangan keluar dari trek yg di buat)
·
Mematikan radar (semua tombol tombol pada radar
diminimumkan, tombol ebl di of, switc di posisikan standbay bila suda tidak
di perlukan lagi maka radar di matikan atau digantikan dengan radar kedua
apabilah kapal berlayar)
|
Attitude
|
Agar taruna
memiliki kemampuan untuk mengoprasikan alat navigasi dalam berlayar
|
Evaluation
|
-
Taruna dapat mengoprasikan radar dan dapat menggunakan peralatan tersebut
|
Evidence
|
Bersertifikat
agar ada bukti yg meyakinkan dengan kemampuan taruna tersebut
|
Sample Instructor
Worksheet
|
|
Exercise No : 1 (one)
|
|
Name
|
Klpk 1 RADAR / ARFA
|
Function
|
Navigation at the
Operational Level
|
Competence Unit
|
Pengoperasian RADAR
|
Task/ Objective
|
Menghidupkan RADAR
|
Scenario
|
Kapal berlayar dilaut
jawa ( java sea )
|
Context
|
Kondisi normal mengikuti
dalam pelayaran laut jawa
|
Initial Condition
|
Berlayar dengan
memperhatikan objek-objek yang dampak pada radar
|
Duration
|
1 hour
|
Briefing
|
Memastikan:
a.
Peserta
didik hadir tepat waktu
b.
Penyampaian
maksud dan tujuan dari materi Radar yang disampaikan
c.
Radar
berfungsi normal
d.
Power
supply dipastikan berfungsi untuk menyalakan Radar selama kegiatan
berlangsung
e.
Agar
saat menggunakan alat/fungsikan tombol-tombol pada Radar sesuai arahan dengan
mengacu pada S. O. P Radar Operational
f.
Selama
kegiatan simulator berlangsung peserta benar-benarmemperhatikan materi Radar yang disampaikan
g.
Lakukan
pencatatan terkait hal-hal penting untuk memastikan penerimaan materi yang
disampaikan
|
Briefing
|
Memulai simulasi dan
mengajak peserta didik:
a.
Familiarisasi
alat-alat pendukung kegiatan
b.
Membuka
buku manual tentang Radar
c.
Pengenalan
tombol-tombol pada Radar
d.
Menghidupkan
power standby rentang waktu 3-5 mnt (Warming UP)
e.
Menghidupkan
power on pada Radar
a.
Tentukan(Range
Selector) jarak jangkau Radar
b.
Putar
tombol(TUNING)untukmengatur tampilan gambar pada layar Radar agar diperoleh
gambar yang lebih baik
c.
Putar
tombol(GAIN) untuk mengatur dan memperjelas identifikasi beberapa target
serta mengurangi kebisingan meningkatkan kepekaan penangkapan gambar
d.
Putar
tombol(CONTRAST) untuk meembuat layar lebih terang
e.
Putar
tombol (ANTI SEA CLUTTER) untuk mengurangi atau menghilangkan gema / pengaruh
dari ombak pada layar Radar
f.
Putar
tombol (ANTI RAIN/SNOW CLUTTER) untuk mengurangi atau menghilangkan pengaruh
/ gangguan akibat hujan / salju / kabut
|
Action
|
·
Taruna
memasuki ruangan simulator untuk melakukan kegiatan kriteria performance
sesuai brifing
|
Debrief
|
a.
Setelah
pelaksanaan simulator Radar di lakukan dilakukan evaluasi hasil kegiatan dan
bila ada kesalahan dari kegiatan simulator Radar yang dilakukan peserta didik
akan di diskusikan kembali serta di check kekurangan yang ada untuk memastikan
Simulasi cara menghidupkan Radar sudah benar sesuai prosedur manual book yang ada,
b.
Kegiatan
simulasi ditutup
|
5.13
Sample Instructor Work Sheets
Objective
:
|
Duration
:
|
Issued
by :
|
ID
:
|
Exercise
Area :
|
Exercise
No.
|
Rev.
No.
|
Issue
Date:
|
START INFORMATION
|
OWN SHIP
|
Date : 21/04/2016
Time : 10.00 Lt
Visibility : Good
Precipitation : -
Area : Singapore Strait
Tidal Condition : Low Water
Special Condition : Traffic Separation Scheme (TSS)
Special Information :
Special
Instructions :
|
Start Posn : 06-05,9 S – 106-53,0 E
Heading : Variation
Course
Speed : 5 Knots
Working Channel : 12
Communication with : VHF
Chart and Passage Plan :
Singapore Strait (ENC)
Check List : Ok
Publication : Ok
Machinery Status : Ok
|
WIND
|
CURRENT
|
SEA STATE
|
Northly
4-6 Knots
|
East
3-4 Knots
|
Smooth
Sea
|
THE TASK
|
1. Familiarisasi tentang Radar
2. Pengenalan fungsi tombol-tombol pada
Radar
|
PERFORMANCE CRITERIA
|
1. Menunjukan Radar sebagai alat
simulator
2. Mendemontrasikan fungsi tombol -
tobol yang digunakan untuk menghidupkan Radar Simulator
|
5.14
EXERCISE
|
CREATED/UPDATE
|
BY
|
Menghidupkan Radar saat berlayar
di alur pelayaran TSS
|
21/04/2016
|
ASRIYANTO
|
START
INFORMATION
|
|
Chart No : Indonesia
|
Date : 21/04/2016
|
Location : Laut Jawa
(Java sea )
|
Time : 10.00 Lt
|
OWN
SHIP
|
||
Type : Bulk Carrier
Draft : 4 Mtrs
|
06-05,9 S – 106-53,0 E
|
Speed : 12 Knots
Maneuvering Speed
|
TARGET
SHIPS
|
2 Pulau dengan
|
WIND
|
CURRENT
|
SEA
STATE
|
Northly 4-6 Knot
|
East 3-4 Knot
|
Java Sea
|
TRAINING OBJECTIVES
|
1. Peserta dapat menghidupkan Radar
sesuai performan yang diharuskan
2. Semua target yang ada pada layar menunjukan
target sebenarnya
|
THE
TASK
|
1. Switch On Radar
2. Bagaimana mengguanakan fungsi tombol
pada Radar sehingga Target tampak jelas
|
INSTRUCTION
NOTES
|
Dipastikan semua peserta
diklat mengerti dan memahami secara benar penggunaan tombol-tombol untuk menghidupkan
Radar
|
ASSESSMENT
POINT
|
Nampak objek-objek sebenarnya pada layar Radar
sesuai langkah-langkah Prosedur yang ada
|
Example 1: Simulator Programme :
|
||||||||||
LEVEL:
Operation
|
||||||||||
Student
Name :
|
||||||||||
CATEGORY
|
Weight for Each
Category
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Max Marks
|
||||
A.
Menghidupkan Radar :
a.
Switch tombol stand by
b.
Durasi ± 5
detik
c.
Lamp stand by berwarna hijau
d.
ON Play
e.
Pengaturan tombol-tombol radar
|
5
|
4
|
|
|
|
20
|
||||
B.
Menggunakan Tombol-tombol Radar
a.
Cuning dimaksimumkan
b.
Briliance / Dimmer maksimum
c.
Tombol Gain maksimum
d.
Tombol Rain maksimum
e.
Tombol SEACLUTTER maksimum
f.
Tombol EBL ditampilkan
g.
Tombol VRM dihidupkan
h.
Tombol Range UP untuk menaikkan jarak pada Screen
Radar
i.
Tombol Range Down untuk menurunkan jarak pada
Screen Radar
j.
Mouse untuk menggerakkan EBL dan untuk mengetahui
Range jarak
|
5
|
4
|
|
|
|
20
|
||||
C.
Monitoring screen
radar
a.
Tampilan awal pada Range 6
b.
Untuk menaikkan range, tekan tombol Range Up
sesuai keinginan. Contoh Range 6 ke range 12, range 12 ke range 24
c.
Untuk menurunkan range, tekan tombol Range Down
sesuai keinginan. Contoh dari range 6 ke range 3; range 3 ke range 1; 0,75 –
0,50 – 0,25
|
3
|
4
|
|
|
|
12
|
||||
D.
Ring control
a.
EBL diarahkan ke objek-objek yang diinginkan di
radar
b.
Diketahui baringan pada objek diradar dan jarak
dengan cara menggerakkan mouse ke posisi tersebut
c.
Dapat menampilkan EBL 2
|
3
|
4
|
|
|
|
12
|
||||
E.
Penentuan posisi dengan mengguanakan radar
1.
Dengan membuat baringan dengan jarak
2.
Membuat baringan silang
3.
Baringan dengan jarak cukup menempatkan EBL 1 pada
target pulau, ujung pulau, dan menggeserkan mouse untuk mengetahui jaraknya
4.
Posisi dengan baringan silang dengan cara
menggerakkan EBL 1 pada benda (pulau) di peta, dan menggeser EBL 1 dibenda
peta berikutnya. Perpotongan ke 2 arah baringan mendapatkan posisi kapal
5.
Menggerakkan EBL 1 pada target 1 dan menggerakkan
EBL 2 pada target 2 bersamaan. Perpotongan kedua EBL pada target adalah
posisi kapal. Dengan mencatat masing-masing derajat penunjukkan EBL pada
terget dan di Plot di peta.
|
7
|
4
|
|
|
|
28
|
||||
F.
Mematikian radar
·
- Mematikan
radar (semua tombol tombol pada radar diminimumkan, tombol ebl di of, switc
di posisikan standbay bila suda tidak di perlukan lagi maka radar di matikan
atau digantikan dengan radar kedua apabilah kapal berlayar)
|
2
|
4
|
|
|
|
8
|
||||
|
|
|
|
|
TOTAL
|
100
|
||||
SKENARIO
PRAKTEK
RADAR SIMULATOR
UNIT OF COMPTENCE : PENGOPERASIAN RADAR
COMPETENCE TASKS : MENGHIDUPKAN RADAR
KELOMPOK NAVIGASI
NAMA:
·
TAUFIK HUSEMA
KEMENTERIAN
PERHUBUNGAN
BADAN PENGEMBANGAN
SUMBER DAYA MANUSIA PERHUBUNGAN
POLITEKNIK MARITIM
AMI MAKASSAR